Mengenal Page Rank (Lanjutan)

Tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan terdahulu, Mengenal Page Rank. Yang harus kita pahami adalah bahwa Page Rank (PR) tidak menilai web secara keseluruhan, tetapi per halaman yang ada di web tersebut. Jadi, bisa saja dalam sebuah situs tiap halaman mempunyai nilai PR yang berbeda-beda.


Lalu, faktor apa yang mempengaruhi PR? Jawabnya adalah keterkaitan link antar situs. Keterkaitan link ini sangat penting, baik dari link yang kita dapat maupun dari link yang kita berikan ke situs lain. Semakin erat kaitannya dan relevansi tema situs yang saling memberikan link akan menambah makna. Logikanya, jika pengunjung mengunjungi situs kita karena sebuah tema kemudian mereka mendapatkan link di halaman kita menuju halaman lain yang memberi pengetahuan lebih dalam tentang tema tersebut, pengunjung akan memberikan apresiasi terhadap situs kita. Situs kita dianggap memberikan petunjuk terhadap permasalahan yang mereka hadapi. Pengunjung akan menganggap situs kita bermakna. Begitu pula dengan Google.


Beruntunglah jika situs kita direview oleh situs yang terkenal dan mempunyai PR bagus. Ini dapat mendatangkan pengunjung ke situs kita. Apalagi jika mereka menuliskan link yang menuju ke halaman kita. Google akan sangat memperhitungkan. Semakin mempunyai reputasi bagus, incoming link akan sangat berharga.

Tetapi berhati-hatilah terhadap situs yang di-banned. Jika kita memberikan link ke situs yang di-banned sangat mungkin kita akan terkena dampaknya. Hal ini hanya akan menurunkan nilai PR kita saja.


Nilai PR suatu situs tidaklah bernilai tetap. Ada kenaikan juga ada penurunan. Kemungkinan penurunan selalu ada. Bisa juga terjadi karena situs-situs yang memberi link ke kita sedang drop PR-nya maka situs kita pun ikut drop juga.


Bagi Anda para pelaku bisnis online, berikut ini makna dari nilai PR yang bisa dijadikan rujukan.

PR 0 – 2 : Di bawah rata-rata

PR 3 – 5 : Rata-rata

PR 6 – 7 : Di atas rata-rata

PR 8 – 10 : Elite


Salam Probis Online
Lebih Pro Dengan Bisnis Online

1 komentar:

  1. Artikelnya bagus kata-katanya juga menarik mudah di cerna Trims ya infonya saya tunggu artikel selanjutnya, O..iya Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Kalau Boleh Kunjungi blog saya, hari ini saya sudah posting artikel tolong komentarnya ya dan kalau bisa komentarnya harus berkaitan dengan artikel saya ini alamatnya http://regedit.blog.telkomspeedy.com/2009/01/26/speedy-dan-virtual-net/
    terima kasih banyak

    BalasHapus